MEMPERCEPAT BOOTING WINDOWS 7


Booting, adalah Proses pemasukan arus listrik kedalam peralatan komputer sehingga komputer dapat berkomunikasi dengan pengguna. Atau dalam pengertian lain Booting adalah proses penempatan sistem operasi ke memori utama komputer. Proses ini dikerjakan oleh program yang disimpan secara permanen pada ROM (read-only memory).
Pada saat kita menyalakan komputer atau laptop, biasanya proses booting akan berjalan cepat dan lambat. Cepat lambatnya proses booting dipengaruhi oleh beberapa faktor kemungkinan yang menyebabkan booting windows  jadi lambat. 

Berikut beberapa cara (trik) untuk mengatasi proses booting yang lambat / lama :
  1.  Advance Boot
Berikut langkah mengatasi proses booting yang lambat dengan cara Advance Boot :
  • Klik menu start atau logo windows atau tekan tombol bendera windows pada keyboard, kemudian di bawah All Program ketik "msconfig" kemudian Enter. (lihat gambar)
  •  Atau Tekan Win+R. Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah.

  •  Setelah muncul tampilan seperti gambar di atas selanjutnya pada form open ketikkan "msconfig" Enter atau klik tombol Ok. maka akan muncul tampilan System Configuration seperti gambar di bawah


  • Setelah muncul tampilan System Configuration seperti gambar diatas, kemudian pilih menu atau Tab > Boot. Maka akan tampil System Configuration menu boot seperti gambar di bawah.
 
  •   Kemidian klik Advance options. Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah


  • Setelah muncul tampilan System Configuration seperti gambar diatas kemudian centarng pada bagian Number of processors, lalu pilih jumlah processor yang diinginkan. Setelah pilih jumlah processor kemudian klik Ok. Lihat gambar dibawah

Setelah di klik Ok maka akan muncul perintah restart. Jika ingin merestart komputer klik restart atau klik Exit Without Restart untuk keluar tanpa merestart.


Catatan Untuk Tips diatas :
  • Bisa digunaka hanya untuk komputer 1 core keatas (ex : dual core, core2 duo, i3, i5, i7, dll). 
  •  Jumlah pilihan pada Number of processors biasanya setiap komputer berbeda-beda, ada yang 2 pilihan, 3 pilihan, dan ada yang lebih dari itu.

 2.   Windows Boot Performance Diagnostic

Berikut langkah mengatasi proses booting yang lambat dengan cara Windows Boot Performance Diagnostic :
  • Klik menu start atau logo windows atau tekan tombol bendera windows pada keyboard, kemudian di bawah All Program ketik "gpedit.msc" kemudian Enter. (lihat gambar)

  •  Atau Tekan Win+R. Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah.
  • Setelah muncul tampilan seperti gambar di atas selanjutnya pada form open ketikkan "gpedit.msc" Enter atau klik tombol Ok. maka akan muncul tampilan Local Group Policy Editor seperti gambar di bawah
-      

  • Pada tampilan Local Group Policy Editor masuk ke bagian Computer Configuration > Administrative Template > Systems > Troubleshooting and Diagnostic > Windows Boot Performance Diagnostic
  • Kemudian Klik double (2 X) pada Configure Scenario Execution Level, kemudian  Pilih Enable, kemudian OK

 Catatan Untuk Tips diatas :
Khusus untuk Windows 7 yang selain Starter dan Home Edition, jadi selain versi itu susah digunakan.


3.   Hapus Isi Folder Prefecth
Berikut langkah mengatasi proses booting yang lambat dengan cara Hapus Isi Folder PrefecthCara yang ketiga ini dapat dilakukan juga pada Windows XP dan Vista.
  • Buka Windows Explorer, dengan caraklik kanan pada menu Start kemudian pilih  Windows Explorer atau denga cara [Win (logo bendera pada tombol keyboard)+E]
  • Pilih Direktori C: > Folder Windows > Prefecth

 
  • Kemudian pilih file-file atau pilih semua / select all (CTRL + A) yang ada pada folder Prefecth tersebut kemudain delete / Hapus.


Catatan :
Hal yang perlu diperhatikan pada cara di atas, bahwa folder Prefecth ini berisi file yang memiliki ukuran kecil dari sebuah program yang sebelumnya gunakan atau dibuka. Adapun fungsinya adalah saat program akan dibuka atau digunakan lagi maka Windows akan cepat memproses untuk membukanya, hal ini karena sebelumnya pernah dibuka dan disimpan di folder Prefecth. Maka jika file-file yang terdapat di Folder Prefect semakin banyak maka akan berpengaruh pada saat proses booting windows yaitu akan menjadi lambat / lama, hal ini karena pada saat proses booting windows juga membaca file-file yang ada di Folder Prefect.

3 comments:

Claunsdira Gohara said...

mari bergabung dan bermain di ION^QQ (,) com dan raih kesempatan menang lebih besar...
pin BB : 58ab14f5

AGRES said...
This comment has been removed by the author.
Miliana said...

bakal dicoba makasih ya kak

mitra alfamart

Post a Comment

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates